Jumat, 05 Februari 2016

Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK)

#Rangkuman Buku Paket TIK Kelas 9

Pelajaran 1

Pengertian Dasar Internet/Intranet

A. Pengertian Internet dan Intranet
    Internet adalah sistem jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung atau tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lain dengan menggunakan alamat IP. Cara menghubungkan rangkaian komputer untuk internet dinamakan internetworking.

     Selain internet, ada juga sistem jaringan untuk skala lebih kecil yaitu intranet. Dengan adanya intranet, informasi berupa berita, prosedur tertentu, atau kumpulan data dapat dimasukkan dalam sistem pusat informasi yang berdasarkan HTML (HyperText Markup Language). Berbagai fasilitas yang didapat dengan adanya jaringan intranet tentu dapat mempermudah proses komunikasi dan penyebaran informasi bagi orang-orang yang terhubung. Pada tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan oleh penjual produk jaringan. Mereka menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi perusahaan, yaitu dalam bentuk web. Fakta menunjukkan bahwa perkembangan yang ada di dunia internet juga dapat digunakan untuk intranet. Di dalam jaringan intranet juga digunakan perangkat lunak internet, protokol TCP/
IP, dan HyperText Transfer Protocol (HTTP), sehingga jaringan intranet memiliki fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya.

  Pelajaran 2

Memahami Dasar-Dasar Sistem Jaringan dan Ukuran Kecepatan di Internet/Intranet

   Adidas network merupakan “jaringan” untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir. Supaya dapat bergerak dengan cepat dan tetap sehat, para karyawan yang bertugas sebagai kurir diberi fasilitas untuk menggunakan sepatu merek Adidas yang dikenal sangat berkualitas untuk menjaga kesehatan kakinya.

1.Prinsip dasar jaringan komputer yaitu sedikitnya ada dua buah komputer yang saling dihubungkan melalui kabel atau
   frekuensi. Jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua arsitektur, yaitu peer to peer dan client-server.

2.
Jaringan komputer yang ada dapat digolongkan dalam lima kelompok, yaitu jaringan komputer lokal (Local Area Network-
    LAN), inter-jaringan (Interconnection Network - Internet), jaringan komputer metropolitan (Metropolitan Area Network-
    MAN), jaringan komputer skala luas (Wide Area Network-WAN), dan internet.

3.
Jangkauan internet sangat luas. Hal tersebut menyebabkan lembaga, perusahaan, pribadi, maupun keluarga dapat saling
    terhubung satu sama lainnya, sehingga dapat berkomunikasi, berbagi data dan informasi, serta bertransaksi.

4.
Jaringan intranet jangkauannya lebih sempit daripada jaringaninternet karena hanya dapat diakses oleh orang dari lembaga
    yang membuat jaringan tersebut.

5.
Kecepatan pergerakan data atau informasi pada media penghubung dalam jaringan internet diukur dengan satuan-satuan
   sebagai berikut.

   a.
Bit per second (bps), yaitu jumlah bit yang ditransfer dalam waktu satu detik. Bila kecepatan transfer dihitung
       per karakter dalam satu detik, maka digunakan satuan Byte per second (Bps). Pada umumnya satuan kecepatan
       yang digunakan di dalam internet adalah bps.

   b.
Kilo bit per second (Kbps) menunjukkan bahwa dalam satu detik dapat dikirim satu kilo bit data.

Pelajaran 3

Mengidentifikasi Perangkat Keras yang Digunakan dalam Akses Internet/Intranet

      Jaringan intranet berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer supaya dapat saling bertukar data dan informasi. Tanpa adanya perangkat keras, tentu saja komputer-komputer kalian tidak dapat berhubungan satu sama lain.Hubungan dengan menggunakan cara leased line dikelompokkan sebagai hubungan yang tetap. Oleh karena kalian dapat
terhubung ke ISP yang memberikan akses internet 24 jam sehari. Kecepatan akses internet dengan cara leased line ini
dapat diatur mulai dari 32 kbps, 64 kbps, 128 kbps, dan seterusnya. Semakin besar kecepatan aksesnya, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

   Perangkat keras yang diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan adalah sebagai berikut.
a. Kabel, yang menjadi media penghubung utama antarkomputer.

b. Kartu jaringan, yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data.

c. Hub, sebagai media antarkoneksi yang jauh.


d. Server, yaitu komputer yang menjadi pusat kegiatan di jaringan.

     Ada beragam sistem yang dioperasikan untuk mengakses internet berdasarkan teknologi yang digunakan, antara lain:  sistem dial up, leased line, nirkabel, telepon seluler, wireless fidelity, dan tv kabel.

Pelajaran 4

Berbagai Cara untuk Memperoleh Sambungan Internet

       Internet Service Provider (ISP) merupakan perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. ISP di Indonesia cukup banyak, misalnya: Indosatnet, Indonet, Wasantara, dan Telkomnet. Tanpa terhubung ke ISP, kalian tidak dapat memperoleh layanan akses ke internet. ISP akan memberikan layanan untuk menghubungkan kalian ke internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router. Tidak semua ISP dapat langsung menghubungkan komputer kalian ke internet. Ada juga ISP yang tidak dapat menghubungkan langsung ke internet. Untuk ISP jenis ini, maka ISP tersebut harus memiliki koneksi ke Internet Network Provider (INP) yang merupakan perusahaan yang menyediakan layanan koneksi ke internet.

1. Sebelum mengakses internet, kalian perlu mengenal perusahaan- perusahaan yang terlibat dalam penyediaan layanan      jaringan internet (INP), penyediaan layanan koneksi dan akses internet (ISP), dan penyediaan layanan pembuatan web dan penyajian informasi di lingkungan internet.

2. Bentuk koneksi yang ditawarkan beragam sesuai dengan model ISP. Adapun ragam dan jenis ISP yang ada sebagai berikut.
a. ISP sebagai perusahaan telekomunikasi.
b. ISP sebagai perusahaan penyedia jasa koneksi ke internet semata.
c. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel.
d. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel.
3. Apabila kalian telah mempersiapkan seperangkat komputer yang dilengkapi dengan peralatan modem dan jalur telepon, maka kalian dapat segera melakukan instalasi modem tersebut terlebih dahulu.Proses instalasi perlu dilakukan agar modem dikenali oleh sistem dan dapat digunakan.
4. Untuk melakukan instalasi modem dapat digunakan dua macam menu, yaitu ”Add/Remove Hardware” atau ”Phone and
Modem Option”.
5. Setelah selesai melakukan instalasi modem, kalian dapat memulai menghubungkan diri dengan ISP, dengan syarat telah mendaftarkan diri ke ISP yang bersangkutan. Bagi yang memiliki jalur telepon di rumah atau menggunakan jalur telepon
sekolah, maka kalian dapat menghubungkan diri langsung ke ISP Telkomnet tanpa harus mendaftarkan diri.
6. Selain melakukan pendaftaran ke ISP yang terdekat, koneksi Internet dapat kalian lakukan dengan menggunakan Telepon Selular, baik GSM maupun CDMA. 

Pelajaran 5

Mendemonstrasikan Akses Internet Sesuai Prosedur

     Untuk mengoperasikan internet, kalian memerlukan perangkat lunak yang digunakan untuk berselancar dalam dunia maya tersebut. Perangkat lunak tersebut dikenal dengan sebutan web browser. Perusahaan pembuat web browser berlomba-lomba menciptakan browser yang nyaman, memiliki cara pengoperasian yang mudah, serta menjamin keamanan pada saat berselancar. Contoh web browser yang terkenal saat ini adalah Netscape Communicator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera. Untuk Internet Explorer, Microsoft telah merilis Internet Explorer 6 (IE 6) pada tahun 2001. IE 6 merupakan browser yang langsung disertakan dalam paket Windows XP. Saat ini pihak Microsoft telah merilis Internet Explorer 7 (IE 7) yang mengadopsi model halaman yang telah dipakai oleh Mozilla Firefox atau Opera. IE 7 disertakan dalam paket windows terbaru yaitu Windows Vista.

    Setelah komputer kalian terhubung ke internet dan web browser telah beroperasi, kalian akan menemukan dunia informasi yang terbentang luas. Untuk memperoleh informasi yang ada di Internet, kalian tentu memerlukan alamat URL dari situs-situs web yang ada di Internet. Kalian dapat mengetikkan alamat situs yang ingin kalian akses pada address web browser.

Pelajaran 6

Mengidentifikasi Beberapa Layanan di Internet

    Seiring dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, para ahli terus bekerja keras untuk mengembangkan berbagai macam layanan atau aplikasi dalam internet. Kerja keras para ahli itu telah membuahkan hasil. Saat ini internet memiliki banyak sekali layanan, antara lain electronic mail (e-mail), mailing list, Internet Relay Chat (chatting), USENET, newsgroup, file transfer protocol (FTP), telnet, Buletin Board Service (BBS), World Wide Web (WWW), Internet Telephony, dan Internet Fax.Tentu saja layanan-layanan ini akan membuat kalian semakin menyukai
internet. Beberapa layanan yang tersedia dapat langsung kalian lihat dan operasikan, seperti e-mail, mailing list, chating, dan WWW atau sering disebut secara umum sebagai Web. Namun, ada beberapa layanan lain yang tidak terlihat secara langsung, misalnya FTP.

    Tiap-tiap layanan dalam internet memiliki kekhasan dan fungsi tersendiri. Layanan-layanan tersebut dapat dikatakan saling melengkapi untuk menjawab kebutuhan kalian dalam berkomunikasi dengan rekan-rekan, orang tua, atau guru lewat internet. Kalian perlu mencermati dengan saksama pembahasan dari sejumlah layanan tersebut.

Pelajaran 7

Mengakses Beberapa Situs untuk Memperoleh Informasi yang Bermanfaat

A. Men-download Informasi dari Internet
    Sebagai siswa, tentu kalian membutuhkan banyak sekali informasi. Informasi tersebut dapat kalian gunakan untuk membuat tugas atau sekadar untuk memperluas pengetahuan kalian. Seperti yang sudah diketahui, kalian cukup menggunakan mesin pencari (search engine) untuk mencari alamat situs yang berisi informasi
yang kalian butuhkan. Untuk benar-benar memahami informasi tersebut, tentu sulit bila kalian hanya membacanya melalui internet. Oleh karena itu, kalian perlu men-download informasi yang kalian butuhkan tersebut. Dengan men-download, kalian dapat melihat, membaca, dan memahami informasi yang kalian butuhkan tanpa harus mengakses
internet. Untuk men-download informasi dari internet, yang harus kalian lakukan pertama kali adalah mengaktifkan internet dan mengakses sebuah browser. Setelah itu, kalian dapat mengakses sebuah mesin pencari untuk membantu kalian menemukan situssitus yang memuat informasi yang kalian butuhkan.Salah satu contohnya sebagai seorang siswa kita harus mendownload yang positif dan bermanfaat seperti men-download artikel.

Sumber : ( Di tulis dan dirangkum dari buku paket TIK kelas 9 Untuk SMP/MTs )

#SOAL - JAWAB Buku Paket TIK Kelas 9

Pelajaran 1

1. Sebutkan dan jelaskanlah persamaan dan perbedaan antara jaringan internet dan jaringan intranet?
2. Jelaskanlah mengapa riset tentang internet di Amerika Serikat dimulai dari kalangan militer?
3. Mengapa intranet dapat dikatakan sebagai internet skala kecil?
4. Apakah keuntungan adanya intranet bagi perusahaan?
5. Apakah hubungan antara internet dan intranet?

Jawaban !

1.Perbedaan :

internet =1.jaringannya sangat luas dan cepat
               2.perkembangan sangat luas dan cepat hingga bisa diakses di seluruh dunia
               3.sebuah jaringan komputer yg sangat besar
intranet =1.jaringannya tidak luas(sempit)
               2.perkembangannya lambat dan tidak bisa di akses di seluruh dunia
               3.sebuah sistem jaringan dengan skala yg lebih kecil

persamaan:
 1.sebuah sistem jaringan komputer yg menggunakan tekhnologi
 2.dapat digunakan berhubungan antar komputer

2.karena pada saat itu masih ada pada zaman peperangan. jadi teknologi yang canggih seperti itu digunakan untuk keperluan militer

3.Karena internet mencangkup jaringan global sedangkan intranet mencangkup jaringan antar wilayah

4.Membantu mengiklankan produk dari perusahaan tersebut

5.namanya sama-sama disebut jaringan dan jaringan bisa saling terhubung untuk berkomunikasi dsb.

Pelajaran 2

1. Sebutkan dan jelaskan model koneksi dari jaringan komputer.
2. Jelaskan keuntungan yang kalian peroleh dengan menggunakan sistem jaringan.
3. Apakah perbedaan antara jaringan internet dan intranet?
4. Buatlah nama website sesuai dengan kriteria yang diberikan di bawah ini. ( MISALNYA )
    a. Organisasi yang bergerak di bidang kesehatan dan berlokasi di negara Jerman.
    b. Taman bermain yang ada di Singapura.
    c. Situs pribadi milik kalian sendiri.
5. Terjemahkanlah nama-nama website di bawah ini.
    a. www.itb.ac.id
    b. www.hotmail.com
    c. www.lc.net.id
    d. www.computer.store.ch

Jawaban !

1. a.peer to peer = setiap komputer bisa berperan sebagai klien dan server

b.cilent-server = satu server untuk menyambungkan ke yang lain

2.mempercepat kinerja dan biaya lebih murah dan hemat waktu

3.internet =1.jaringannya sangat luas dan cepat
               2.perkembangan sangat luas dan cepat hingga bisa diakses di seluruh dunia
               3.sebuah jaringan komputer yg sangat besar
intranet =1.jaringannya tidak luas(sempit)
               2.perkembangannya lambat dan tidak bisa di akses di seluruh dunia
               3.sebuah sistem jaringan dengan skala yg lebih kecil

4.a.www.medicalgermany.com

b.www.friend in singapura

c.www.rayhan.blogspot.com

5.a.tentang pendidikan di itb/informasi

b.situs komunikasi 

c.server/situs tertentu yang berisi artikel

d.situs jual beli komputer

Pelajaran 3

 1. Gambarkanlah sistem koneksi internet dengan menggunakan metode leased line.
2. Apakah perbedaan antara akses internet melalui sistem leased line dengan sistem dial up?
3. Koneksi internet dengan sistem mana yang menurut kalian paling sulit dilakukan? Jelaskan pula alasannya.
4. Jelaskan proses kerja modem sehingga membuat komputer dapat terhubung ke internet.
5. Apakah internet yang kalian akses dari rumah sama dengan internet yang terdapat pada perusahaan? Jelaskan jawaban kalian.

Jawaban !

 1.Liat di google

2.Perbedaannya pada fungsi kabel telepon yang hanya digunakan secara khusus untuk hubungan ke ISP, sehingga kabel itu tidak dapat digunakan untuk keperluan telepon atau mengirimkan pesan lewat mesin faksimile.

3.Lased line karena kabel yang digunakan khusus untuk dihubungkan ke ISP sehingga tidak dapan di gunakan untuk telephone

4.Komputer-Modem-PSTN-[modem-firewall-router]-INTERNET

5.tidak karena modem yang dirumah digunakan adalah modem usb

Pelajaran 4

1. Apakah yang dimaksud dengan internet provider? Sebutkan dan jelaskanlah macam-macam internet provider.
2. Apakah peran ISP dalam pembangunan koneksi ke internet? Jenis layanan apa saja yang dapat diberikan oleh ISP kepada
para pelanggannya?
3. Sebutkanlah dan jelaskanlah model-model ISP dan berilah masing-masing satu contoh nama perusahaannya. ISP yang berada di kota kalian termasuk model yang mana?
4. Mengapa modem dibutuhkan dalam pembangunan hubungan ke internet? Bagaimana cara untuk melakukan instalasi modem agar dapat diaktifkan?
5. Jelaskanlah langkah-langkah untuk melakukan penyambungan ke internet.

jawaban !

1.Perusahaan penyedia layanan akses internet. ISPtelekomunikasi, ISPpenyedia jasa koneksi ke internet semata, ISPpenyedia layanan operator ponsel, ISPpenyedia layanan tv kabel.

2.ISPtelekomunikasi, ISPpenyedia jasa koneksi ke internet semata, ISPpenyedia layanan operator ponsel, ISPpenyedia layanan tv kabel.

3.ISPtelekomunikasi, ISPpenyedia jasa koneksi ke internet semata, ISPpenyedia layanan operator ponsel, ISPpenyedia layanan tv kabel.

4.Aktifkan menu Add/Remove Hardware di control panel-tekan tombol next-jika modem ditemukan-klik tombol finish.

5.connect melalui cara dial-up/Lassed line lalu buka browser

Pelajaran 5

1. Sebutkan sepuluh kode negara yang digunakan dalam penulisan URL. Sertakan pula nama negaranya.
2. Jelaskan langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk memperoleh informasi tentang cara membedakan uang palsu dengan uang asli.
3. Sebutkan dan jelaskan manfaat yang dapat kalian peroleh melalui search engine.
4. Jelaskan cara yang paling efisien untuk memperoleh informasi melalui search engine.
5. Jelaskan fungsi perangkat lunak pada internet.

jawaban !

1.de = Jerman, fr=Francis, jp=jepang, at=austria, au=australia, id=indonesia, ca=canada, sg=singapura, ch=swiss, uk=inggris, us=amerika serikat, my malaysia

2.melihat warnanya-ukurannya-dan cap bank negara

3.mempercepat pencarian

4.mengetik pencarian ke search engine lalu klik search (lewat google)

5.Untuk mengoprasikan internet

Pelajaran 6

1. Apakah yang dimaksud dengan chatting? Apakah perbedaan antara chatting dengan menulis e-mail?
2. Apakah yang dimaksud dengan teleconference? Kapan teleconference digunakan? Apakah perbedaan antara teleconference dengan chatting?
3. Pertanyaan apa saja yang biasa diminta saat kalian mengisi formulir untuk membuat alamat e-mail?
4. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan hypertext beserta fungsinya?
5. Berapa banyakkah e-mail yang dapat kalian buat atas nama kalian? Jelaskan pula alasannya

jawaban !

1.obrolan secara langsung melalui situs sperti facebook..kalau e-mail tidak langsung karena sifatnya seperti surat pribadi

2.voice chat.pada saat memimpin sidang kabinet.chatting hanya tulisan sedangkan teleconference yaitu voice chat/mengkompres suara

3.nama,ID,E-mail address,Password

4.tulisan yang dicetak tebal dan digaris bawahi

5.1 karena apabila 2 bisa disangka penipuan/kejahatan.untuk menghindari itu maka dibatasi 1 e-mail atas nama sendiri

Pelajaran 7

1. Sebutkan langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk men-download informasi dari internet.
2. Jelaskan perbedaan antara men-download informasi dengan men-download gambar dari internet.
3. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk mengolah kata dan gambar yang sudah kalian download melalui internet.
4. Jelaskan fungsi dari pemilihan jenis file saat men-download informasi dari internet.
5. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang bisa kalian download melalui internet?

jawaban !

1.dari browser klik menu dan save page

2.informasi=save page, sedangkan gambar=save image(berupa gambar)

3.buka file yang telah di download di lokasi penyimpanan download

4.untuk memisahkan file tersebut dan memudahkan dalam mencari sesuatu file yang telah didownload agar tidak tercampur

5.informasi/artikel,file,gambar,musik,game,dll.

Sumber : ( Di tulis dan dirangkum dari buku paket TIK kelas 9 Untuk SMP/MTs )

DAFTAR PUSTAKA

Capron, H. 2000. Computers: Tools for an Information Age. New Jersey: Prentice Hall.
Hendroyono, Tony. 2005, Trik Searching Efektif di Internet. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Madcoms. 2004. Dasar Teknis Instalasi Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Mansfiels, Niall. 2004. Practical TCP/IP: Mendesain, Menggunakan, dan Troubleshooting
Jaringan TCP/IP di Linux dan Windows. Jilid 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2003. Kamus++Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Port, Otis. Oktober 2004. Sang Penemu Jaringan Internet. Business Week Nomor 18/
III. Halaman 6. Edisi Indonesia.
Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tung, Khoe Yao. 1997. Teknologi Jaringan Intranet. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahana Komputer. 2005. Kamus Lengkap Dunia Komputer. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
......, 1995, The Internet Unleashed 1996, Indianapolis: sams.net.

#Soal - Jawab LKS GALILEO Kelas 9 bagian C smt2

Uji Kompetensi 1 

1.Jelaskan Pengertian Web Browser !

2.Sebutkan 5 macam Web Browser yang kalian kenali !

3.Sebutkan menu-menu yang ada pada Menu Bar !

4.Sebutkan dan jelaskan submenu dari menu favorites !

5.Sebutkan icon-icon yang berada pada Tool Bar !

jawaban !

1. suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web

2.Mozila Firefox, Google Crhome, Opera, Internet explorer, Microsoft Edge.

3.File,Edit,View,Favorites,Tools,Help.

4. a.add and favorites untuk menyimpan alamat suatu web atau homepage yang kita inginkan ke dalam folder favorites untuk diakses kembali pada waktu lain
b.Organize Favorites untuk mengatur alamat web atau homepage yang terdapat dalam folder favorites agar lebih rapih dan mudah mengaksesnya kembali
c.Item lain, selain kedua submenu diatas bagian ini berisi dftar alamat yang pernah kita simpan dalam folder favorites. Jumlahnya tergantung dari alamat yang pernah disimpan.

5.Back,Forward,Stop,Refresh,Home,Search,Favorites,Add Favorites,Print,Page,Tools,Help.

Uji Kompetensi 2

1.Sebutkan3 jenis alamat di dalam internet !

2.Sebutkan langkah-langkah memulai akses internet dengan menggunakan internet explorer !

3.Sebutkan 4 macam mesin pencari [Search Engine] yang kalian ketahui !

4.Sebutkan langkah-langkah menyimpan halaman web !

5.Sebutkan langkah-langkah dalam mencetak halaman web !

jawaban !

1. Alamat IP, Alamat URL,Alamat E-mail.

2.Star - All Programs - Internet Explorer

3.Google,Yahoo,Bing,MSN.

4. klik pada menu File, lalu pilih Save Page Ass - Jendela Save As akan muncul - Gunakan jendela Save As untuk memilih lokasi penyimpanan halaman Web sesuai dengan yang Anda kehendaki. 

5. klik pada menu File,lalu pilih Print, Menu Print akan muncul,dan klik print.

Uji Kompetensi 3

1.Sebutkan 3 jenis e-mail berdasarkan layanan yang diberikan !

2.Jelaskan perbedaan antara internet Relay (IRC)dengan internet Phone/Conference !

3.Jelaskan yang dimaksud dengan Mailing List !

4. Jelaskan yang dimaksud dengan File Transfer Protocol !

5. Sebutkan langkah-langkah membuka program mIRC !

jawaban!

1. - POP mail (e-mail berbasis POP) : E-mail nernasis POP (Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya  

Web based mail (e-mail berbasis web) : Web based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan lain-lain.

E-mail forwarding : E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain.

2. Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. sedangkan Internet PHONE/CONFERENCE adalah fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via internet dan diperlukan aplikasi khusus dan dukungan software multimedia,

3.Mailing list atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis sebetulnya bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok atau suatu organisasi, perusahaan untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota milis.

4.File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk mengirim atau menerima file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

5. menu start, klik program,  Cari mIRC, klik mIRC.  Jendela mIRC akan ditampilkan.

Uji Kompetensi 4

1.Sebutkan kelebihan pengguna e-mail !

2.Sebutkan kelemahan pengguna e-mail !

3.Sebutkan langkah-langkah membuka e-mail !

4.Sebutkan langkah-langkah mengirim e-mail !

5.Sebutkan etika berkirim e-mail !

jawaban!

1. mudah,karena pengguna hanya cukup mengetik alamat yg d tuju di komputer.cepat,karena hanya memerlukan beberapa menit dalam proses pengiriman . murah,pengirimannya sangat murah di bandingkan dg menggunakan pos / telpon. multiple send,surat dapat di kirimkan ke beberapa orang sekaligus . dapat mengirimkan file dalam proses pengiriman e-mail.

2.dalam proses pengirimannya ,komputer dalam posisi online / connect ke internet. pengiriman lampiran file hanya berwujud teks / gambar. tidak dapat mengirimkan paket / barang. jika tidak hati-hati bisa saja fasilitas e-mail d gunakn untuk menyebarkan virus. pengiriman harus mengingat user name & password pada saat mengirimkan e-mail

3. membuka browser terus ketik alamat URL Gmail/Yahoo/sebagainya. - Sigin - buka kotak masuk e-mail dan klik e-mail yang masuk.

4.Login - Klik compose lalu tulis pesannya lalu klik send.

5. Kirimkanlah email secara singkat, padat dan langsung. Jangan mengirim attachment yang terlalu besar. Jangan mem-forward sebuah CC atau BCC email. Jangan menggunakan “Caps Lock” atau huruf kapital. Jangan menghapus rekam jejak email. Tidak boleh mem-forward dengan mengubah isi emailnya. Jangan sering mem-BCC orang lain.

Uji Kompetensi 5

1.Sebutkan beberapa situs website yang bermanfaat bagi pelajar !

2.Sebutkan langkah-langkah untuk mengakses situs Website Buku Sekolah Elektronik !

3.Sebutkan kelebihan situs jejaring sosial !

4.Sebutkan kelemahan situs jejaring sosial !

5. Jelaskan cara mendownload !

jawaban!

1.Wikipedia Indonesia,Brainly,Yahoo,BukuElektronicSekolah.

2.Buka web browser - ketik URL:bse.kemdiknas.go.id / search BSE di search engine.

3.memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah. bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang dari seluruh dunia. biaya lebih murah. penyebaran informasi lebih cepat

4.Interaksi interpersonal secara tatap muka cenderung menurun. menimbulkan ketergantungan pada akses internet. menimbulkan kecanduan ADDIKSI yang berlebihan. Bisa menimbulkan terganggunya privasi seseorang

5.Perhatikan link yang menunjukan file yang kalian bisa download,biasanya ditandai dengan tulisan download. klik link tersebut. jika berhasil akan muncul pemberitahuan konfirmasi download dan save lokasinya. lalu klik download.

Sumber : ( Diketik dari LKS GALILEO KELAS 9 Semester 2 )

#Kata - Kata Motivasi

1.Jadilah kamu seperti motherboard. Menjadi alat pemersatu umat untuk mencapai satu tujuan.


2.Jadilah kamu seperti processor. Kecil di mata orang lain tapi besar perananmu untuk orang lain.


3.Jadilah kamu seperti kartu VGA. Keberadaanmu menjadikan hidup indah untuk dipandang.


4.Jadilah kamu seperti memori. Kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidup.


5.Jadilah kamu seperti casing. Kamu bisa menutupi aib keluargamu dan memperindah keluarga dimata dunia.


6.Jadilah kamu seperti RAM. Dimana kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidupnya.


7.Jadilah kamu seperti mouse. Kamu bisa menjadi penunjuk arah untuk orang yang membutuhkan petunjuk.


8.Jadilah kamu seperti keyboard. Kamu rela berkorban, tubuhmu ditempa sehingga terkadang rusak demi membantu manusia mencapai tujuan hidup.


9.Jadilah kamu seperti monitor. Karena keberadaanmu, maka tampaklah jendela dunia. Semua yang terpendam bisa terlihat jelas.


10.Jadilah kamu seperti falshdisk. Fleksibel dalam menjalani hidup dan mampu membawa, menyimpan dan mengingat semua histori kehidupanmu.


11.Janganlah Kamu Seperti virus yang selalu menyerang kelemahan orang lain, Tapi jadilah seperti Anti Virus Yang selalu mem-protect kesalahan...!

Sumber : ( http://komunitasbelajarkomputer.blogspot.co.id/2013/04/kata-bijak-ala-teknisi-komputer.html#ixzz3zfKRl474 )

 #Cerita Pendek


Cerpen aku dan komputer ayahku
Lomba Komputer

     Sejak Ayah meninggal, aku sama sekali tidak berani menyentuh atau menggunakan komputer Ayah di ruang kerjanya. Aku benci pada komputer! Komputer membuatku kehilangan Ayah yang aku cintai. Karena mempertahankan sebuah disket berisi rahasia perusahaannya, ayahku merelakan nyawanya.“Nin, kamu tidak ingin ikut lomba itu?” tanya Febi suatu hari. Febi, sahabatku,memang semangat sekali menyuruhku mengikuti lomba komputer. Pengumuman lombaitu ditempel di mading sekolahku.“Ngg… tidak ah. Aku tidak tertarik. Lagipula, semua pesertanya murid SMPkan? Kalau aku ikut, pasti kalah,” jawabku malas-malasan.“Jangan putus asa dulu, dong. Almarhum ayahmu kan ahli komputer. Dan sejak kecil kamu sudah belajar komputer. Kalau beliau masih hidup, pasti beliau juga akan menyuruhmu mengikuti lomba ini: Febi terus membujuk. Gayanya persis ibu guru yangsedang memberi semangat pada muridnya. Aku pura-pura tidak mendengar ucapan Febi.Huh, menyebalkan sekali. Semua temanku memaksaku untuk mengikuti lomba itu.Padahal aku betul-betul tidak mampu. Dan aku benci pada komputer.Setiba di rumah, aku membanting pintu, dan masuk ke ruang tamu. Dengantergopoh-gopoh, Bi Sumi menghampiriku.“Ada apa, Non Nindya? Kok kelihatan kesal sekali,” tanya Bi Sumi. Aku segera menceritakan desakan guru-guru dan teman-temanku di sekolah. Bi Sumi tersenyummendengar ceritaku, Bi Sumi memang pengasuhku yang sangat sabar. Sudah 11 tahun ia mengasuhku.“Lalu, mengapa Non tidak mau ikut?” tanya Bi Sumi. “Ah, Bi Sumi kenapa ikut-ikutan berkata begitu? Semua orang di sekolahku sudah bilang begitu!!” kataku kembali jengkel.“Bukannya ikut-ikutan, Non! Tapi coba deh Non pikir. Andai Non menang dilomba itu, almarhum ayah Non kan pasti senang!” ujar Bi Sumi sabar.Aku merenungkan kata-kata Bi Sumi. Seharian ini, entah sudah berapa orangyang berkata begitu. Hatiku mulai goyah juga. Aku lalu masuk ke kamar kerja ayahku.Sudah satu tahun aku tidak masuk ke ruangan ini. Aku lalu menghampiri seperangkatkomputer Ayah di atas meja kerja.

sumber : ( https://niacahmalang.wordpress.com/materi-tkj/cerpen-aku-dan-komputer-ayahku/ )


#Puisi
Komputerku
Komputerku…
Kau hadir berikanku kemudahan
Kau sematkan semangat dalam jiwaku
Kehadiranmu mengalihkan duniaku

Komputerku…
Kau adalah temanku
Saat ku ingin berkreasi kau ada untukku

Komputerku..
Kau t’lah memberi warna dalam hidupku
Bersamamu aku akan menjalani hari-hariku

Komputerku…
Denganmu aku akan menghadapi tantangan hidup
Menatap masa depan yang penuh harapan
Berjalan tanpa ragu, melangkah dengan pasti
Mengarungi universitas kehidupan

sumber : ( http://moza-zonamoza.blogspot.co.id/2011/11/puisi-komputer.html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar